Skip to content

Alur Proses Bordir Komputer

Proses bordir komputer merupakan modernisasi dari proses bordir manual. Proses bordir yang dikerjakan menjadi lebih cepat dengan hasil yang lebih seragam dan maksimal.

Berikut ini tahapan proses bordir komputer:

1. Menerjemahkan dan mendigitalisasi desain

Dahulu proses bordir manual hanya membutukan kertas untuk menyalin pola ke kain. Namun dengan bordir komputer perlu software yang akan mengubah desain menjadi satu pola yang dapat dibaca komputer pada mesin bordir.

2. File disimpan dan mulai dibaca oleh mesin

Penting untuk mencocokkan software yang digunakan agar compatible dengan mesin bordir komputer. Jika software dan komputer mesin bordir komputer memiliki tipe file yang berbeda maka mesin tidak dapat membaca file sehingga tidak bisa dijalankan. Sementara file yang sudah bisa disimpan di komputer mesin bordir komputer akan memiliki koordinat jahitan.

3. Mengajarkan mesin

Setelah file data sesuai, mesin akan diprogram bagaimana membuat desain. Pada tahap ini dibutuhkan operator yang sudah ahli bagaimana mengoperasikan mesin bordir komputer untuk mengatur benang juga jarum pada mesin.

4. Menempatkan hoop

Selain mengatur mesin, kain yang akan dibordir juga perlu dikunci dengan hoop agar saat proses bordir komputer kain tidak bergerak-gerak yang dapat mengakibatkan proses bordir menjadi berantakan. Hoop pada proses bordir juga berfungsi mengatur letak presisi tulisan/gambar desain.

5. Proses bordir komputer berjalan

Proses bordir komputer merupakan satu proses yang berjalan cepat yaitu 1200 jahitan dalam satu menit. Jadi sebelum menjalankan mesin penting untuk memperhatikan semua proses awal sudah sesuai agar hasil bordir komputer bisa maksimal.

 

Sumber: bordir.co.id/proses-bordir-dengan-bordir-komputer/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat