Skip to content

Bisnis Maklon Pakaian. Menguntungan atau Tidak ya?

Istilah maklon berasal dari Bahasa Belanda yang artinya proses pengerjaan suatu produk oleh pihak lain atau sering disebut juga dengan CMT (Cut, Make, Trim). Dalam maklon ini dibagi menjadi dua yaitu: full produksi atau semua proses produksi mulai dari pembelian bahan sampai menjadi produk jadi dilakukan oleh Vendor atau yang kedua dimana Vendor hanya bertanggung jawab pada proses produksi, untuk pembelian bahan dilakukan oleh konsumen.

Untuk bisnis maklon ternyata ada pembagian yang didasarkan pada jenis pakaian yang akan diproduksi, antara lain:

1. Modiste, merupakan penjahit yang khusus melayani jasa jahit pakaian wanita. Dalam produksi langsung modiste masih menggunakan mesin yang sederhana, dan semua proses dari cutting, jahit, hingga finishing dilakukan sendiri.

2. Tailor. Berlawanan dari modiste jasa tailor yang secara khusus melayani jahit pakaian pria. Pekerjaan seorang tailor dibedakan menjadi dua berdasarkan pada pemakaian bahan dasar pakaian yakni hard tailoring (pakaian dari bahan yang memiliki sifat kaku) dan soft tailoring (bahan yang digunakan lebih lentur, yang bisa mengikuti benti tubuh).

3. Konveksi merupakan jasa jahit yang dalam proses produksinya mampu menghasilkan banyak pakaian jadi.

Sementara untuk kelebihan dan kekurangan dari bisnis maklon diantara lain:

 

1. Kelebihan:

a. Dengan menggunakan jasa maklon akan mempermudah proses produksi dan menekan biaya.

b. Bisa lebih fokus untuk meningkatkan branding produk dan mengembangkan usaha.

2. Kekurangan:

a. Jika menggunakan jasa maklon kita tidak bisa memantau terus jalannya proses produksi. Untuk meminimalisir kesalahan produksi sebaiknya buat sample dahulu sebelum diproduksi secara masal, pun kita harus selalu berkomunikasi dengan pihak vendor.

b. Waktu produksi yang mungkin tidak tepat seperti yang direncanakan. Untuk menghindari hal ini kita bisa meminta kepada Vendor kesepakatan kerja diawal dalam bentuk PO form (Purchasing Order) yang akan memuat jaminan detail order seperti yang kita inginkan dan telah disepakati bersama.

Itu dia poin-poin yang harus teman-teman ketahui sebelum memilih jasa maklon. Jadi bagaimana, lebih baik produksi sendiri atau menggunakan jasa maklon? Boleh share yuk pengalaman teman-teman tentang pengembangan bisnisnya untuk menjadi pembelajaran bagi yang lain…

 

Sumber: blog.knitto.co.id/lebih-baik-makloon-atau-produksi-sendiri/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat