Skip to content

Fungsi Jas Almamater Kebanggaan Mahasiswa

Jas almamater adalah simbol, identitas dan komponen wajib yang diperuntukkan bagi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Penggunaan jas almamater dikhususkan untuk kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas akademik dalam kerangka Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu jas almamater digunakan mahasiswa saat masa orientasi dan acara resmi perguruan tinggi. Hal unik dari jas almamater yakni setiap universitas memiliki warna identiknya masing-masing.

Secara terperinci fungsi dari jas almamater antara lain:

1. Dikenakan saat orientasi

Jas almamater wajib dikenakan saat masuk kuliah yakni pada acara penerimaan mahasiswa baru. Tujuannya untuk menciptakan kekompakan di antara mahasiswa baru.

2. Digunakan saat acara resmi kampus

Karena merupakan seragam formal dari universitas, tentu jas almamater akan diwajibkan digunakan saat ada acara resmi kampus seperti seminar, pelatihan atau upacara tertentu.

3. Dipakai saat mewakili kampus ke luar

Antar universitas tentu akan banyak acara-acara yang melibatkan perwakilan mahasiswa, nah saat acara ini penting untuk menggunakan jas almamater sebagai identitas kampus. Selain acara antar kampus, jas almamater digunakan saat menghadiri demonstrasi mahasiswa atau KKN.

 

Sumber: bikin. co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat