Skip to content

Pesan Kaos Sablon Jogja

pesankaosjogja.com

Bikin Kaos Keren

Gerakan Peduli Lingkungan: Zero Waste Fashion

Dewasa ini komunitas-komunitas peduli lingkungan semakin gencar menyuarakan dan melakukan aksi nyata untuk melindungi bumi. Hal ini tidak luput juga dalam dunia fasyen yang tidak dipungkiri ikut serta menyumbang kerusakan dengan adanya fast fashion.

Zero waste fashion adalah satu konsep desain fasyen yang bertujuan untuk meniadakan atau meminimalisir limbah produksi pakaian berupa kain sisa. Teknik zero waste fashion dilakukan dengan cara mendesain busana yang sederhana, dengan pola dan cutting yang didesain sedemikian rupa agar tidak ada sisa material dari produksi.

Sementara untuk hasil kualitas produk zero waste fashion justru memiliki nilai lebih karena merupakan produk slow fashion berbasis konsep sustainable.

Penerapan zero waste fashion:

1. Pre consumption

Seperti namanya usaha ini dilakukan pada awal produksi sebuah item fasyen meliputi pembuatan pola desain pakaian serta penggunaan bahan material yang ramah lingkungan.

Sehingga busana yang dihasilkan biasanya memiliki ukuran all size dengan desain yang hanya menyisakan sedikit kain perca.

2. Post consumption

Untuk post consumption ini merujuk pada usaha untuk memanfaatkan limbah fasyen yang berupa kain perca sisa produksi.

Ada banyak hal yang tentu bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian bumi. Kalau dari teman-teman sendiri yang bergerak dalam bidang garmen, kira-kira usaha apa yang akan memiliki dampak paling besar?

 

Sumber: fitinline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat