Skip to content

Jangan sampai baju kamu berjamur, berikut tipsnya

Baju pun terkadang tidak bisa dihindarkan dari kotor akibat jamur loh. Cara merawat pakaian juga cara penyimpanan sangat berpengaruh. Namun jika jamur sudah terlanjur ada di pakaian apa sih yang sebaiknya dilakukan? Kan sayang ya kalau baju masih bagus tapi harus dibuang.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Larutan soda kue

Menurut jurnal Mycopathologia soda kue atau baking soda mengandung agen antifungal yang bisa membasmi pertumbuhan jamur. Untuk cara pemakaian soda kue yakni:

a. Larutkan soda kue dengan air secukupnya

b. Oleskan larutan pada noda jamur

c. Diamkan 15 menit untuk kemudian sikat perlahan

d. Bilas pakaian lalu cuci seperti biasa

2. Larutan cuka

Cuka memiliki sifat asam yang cukup kuat membasmi jamur seperti jenis dari P. chysogenum. Tidak hanya efektif, cuka juga aman untuk digunakan pada semua bahan pakaian. Cara mencucinya cukup mudah, hanya dengan merendam pakaian pada larutan cuka dengan perbandingan segelas cuka dan seember air. Lalu rendam selama semalam dan cuci seperti biasa.

3. Buah lemon

Seperti air cuka, perasaan air dari buah lemon memiliki sifat asam yang bisa mengatasi pertumbuhan jamur. Caranya juga cukup mudah, tinggal merendam pakaian ke air hangat yang sudah diberi perasan air lemon selama 30 menit. Setelahnya kucek dan sikat lembut noda jamur, lalu bilas.

4. Obat kumur

Beberapa jenis obat kumur yang ada di pasaran mampu membasmi jamur jenis Candida albicans dan Candida krusei. Untuk pemakaian kamu hanya perlu merendam pakaian pada larutan air dan obat kumur selama 15-30 menit, lalu cuci biasa.

5. Pemutih

Cara yang praktis tentu saja menggunakan pemutih. Namun pemutih hanya bisa digunakan pada pakaian berwarna putih.

 

Itu dia beberapa bahan alami dan kimia yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan jamur pada pakaian. Apa ada yang sudah pernah mencobanya? Share yuk di kolom komentar yang paling ampuh pakai bahan apa…

 

Sumber: hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat