Skip to content

Jenis-jenis Bahan untuk Hang Tag

Di artikel sebelumnya kita telah mengenal fungsi hang tag. Agar fungsi hang tag dapat dimaksimalkan tentu kita harus tahu jenis bahan-bahan yang bagus untuk digunakan dalam hang tag produk.

Berikut beberapa jenis bahan hang tag:

1. Kertas Technova Synthetic

Jenis kertas technova synthetic memiliki sifat transparan dengan gramasi dari 185 hingga 250 gram. Selain itu kertas ini tidak terlalu kaku dan akan terlihat lebih menarik bila untuk pembuatan hang tag menggunakan dua lapis kertas.

2. Kertas Linen

Kertas linen memiliki tekstur bergaris seperti kain dan padat. Dengan gramasi 220 gram – 250 gram kertas linen menyajikan banyak pilihan warna.

3. Art Karton

Dengan dua sisi kertas yang sama-sama bersifat doff kertas karton hadir dengan bahan yang tebal sehingga hang tag tidak akan mudah rusak.

4. Kraft Paper

Berbeda dengan art karton, kertas kraft memiliki bentuk fisik tebal dengan sifat elastis. Kertas kraft umumnya berwarna putih dan cokelat. Untuk warna cokelat pada kertas kraft banyak digunakan hang tag pada produk berbau seni yang biasanya hanya memuat logo/merek serta sedikit informasi.

5. Kertas Ivory

Sifat fisik dari kertas ivory hampir mirip dengan art karton yaitu tebal. Namun bedanya pada kertas ivory satu sisi mengkilap sedang lainnya doff. Dengan tampilan seperti itu kertas ivory akan memberikan tampilan mewah, elegan, serta professional.

6. Kertas Duplex

Kertas duplex memiliki sifat fisik yang berbeda antara ke dua sisinya. Satu permukaan berwarna putih sementara yang lain berwarna abu-abu. Penggunaan paling umum dari jenis kertas ini adalah untuk membuat kotak makan sekali pakai.

 

Sumber: aajwprinting.com/apa-itu-hang-tag/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat