Skip to content

Macam-macam Asal Serat Alami

Serat alami adalah serat bahan utama pakaian yang terbuat dari proses alam. Berikut beberapa sumber serat alami yang dapat dimanfaatkan sebagai serat bahan utama pakaian:

1. Serat kapas

Serat kapas merupakan serat yang berasal dari tumbuhan kapas. Jenis serat ini sangat berpengaruh besar pada industry tekstil karena mudah didapat. Untuk sifat serat kapas yaitu kuat dan nyaman dipakai, namun kekurangannya mudah kusut.

2. Serat jute

Jenis serat jute diperoleh dari kulit batang pohon. Biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan tali tambang, kertas, karpet, gorden,dan pelapis kursi mebel.

3. Serat flax

Kebutuhan terbesar serat flax digunakan dalam pembuatan industry linen.

4. Serat rami

Bersumber dari tanaman rami yang dapat dimanfaatkan dalam industry tekstil. Sifat bahan dari serat rami antara lain kuat, berkilau dan mampu menyerap air dengan baik.

5. Serat wol

Sudah digunakan sejak zaman dahulu sera wol dapat diperoleh dari kulit domba. Serat wol banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat jaket karena sifatnya yang hangat saat dipakai.

6. Serat sutera

Proses pengolah serat sutera yang berasal dari kepompong ulat sutera cukup eksklusif sehingga pakaian yang terbuat dari serat ini memiliki harga yang jauh lebih mahal. Sifat yang dijanjikan dari bahan serat sutera yaitu halus, berkilau dan sangat nyaman dipakai.

7. Serat hewan

Jenis serat yang berasal dari hewan seperti domba, sapi, buaya, kambing atau kepompong ulat. Beberapa serat hewan itu dapat dimanfaatkan untuk membuat pakaian, dompet, tas, sepatu dan bahan-bahan lain sebagai penunjang kehidupan manusia.

8. Serat kayu jati

Bersumber dari tumbuhan pohon jati yang banyak dimanfaatkan dalam industry mebel sebagai bahan pembuatan alat-alat rumah tangga.

9. Serat daun

Serat daun merupakan serat yang berasal dari bahan alami seperti daun pelepah pisang, kelapa, manila, nanas, indigo atau enceng gondok. Dimanfaatkan sebagai bahan untuk kerajinan dan warna alami.

10. Serat biji

Seperti namanya serat biji berasal dari biji-bijian yaitu kapuk, jagung, gandum, kacang, melinjo, apel, jeruk dan alpukat. Manfaat dari serat biji dapat dirubah menjadi manik-manik berkelas seni seperti kalung, gelang atau hiasan ruangan.

 

Sumber: www.pinhome.id/blog/pengertian-serat-dan-jenis-jenis-serat/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat