Skip to content

Macam-macam Bentuk Model Label

Seringnya kita hanya menjumpai label pakaian itu berbentuk kotak pada bagian kerah kemeja atau leher kaos. Padahal ada banyak loh model label yang dapat diaplikasikan pada produk pakaian, antara lain:

1. Straight Cut

Bentuk model label straight cut memiliki bentuk sederhana persegi yang paling sering digunakan pada produk garment. Karena bentuknya yang sederhana informasi yang tercetak dalam model ini hanya memuat brand-nya saja.

2. Center Fold

Seperti namanya bentuk label ini berupa persegi yang dilipat pada bagian tengahnya yang akan menghasilkan tampilan 3 dimensi. Bagian belakang label biasanya memuat informasi lebih dari produk pakaian.

3. End Fold

Bentuk model label ini adalah variasi dari straight cut yang pada pengaplikasiannya di kedua sisi luar dijahit lipat masuk sedikit.

4. Miter Fold

Bentuk model label miter fond berupa persegi panjang dengan lebar kecil sehingga saat bagian luar sisi dilipat jahit masuk membentuk sudut tumpul, hasil label terlihat lebih menonjol.

5. Manhattan Fold

Model label ini seperti label center fold namun bedanya pada bagian belakang tidak ikut dijahit. Jadi tampilan label dapat dibuka ke atas menjadi memanjang untuk menampilkan informasi produk.

6. Loop Fold

Loop fold memiliki tampilan seperti center fold bedanya pada bagian tengah tidak dilipat press hanya ditekuk masuk ke dalam dan dijahit. Kesan yang ditampilkan lebih timbul.

7. Book Cover Fold

Book cover fold label merupakan variasi dari manhattan fold dengan penambahan lipatan kecil di kedua sisi label.

8. Roll

Untuk produsen dalam jumlah besar yang hanya perlu menampilkan nama brand akan memesan label roll dalam jumlah banyak. Label akan dipotong satu-satu sesuai ukuran kemudian dijahit pada kaos.

 

Sumber: tshirtbar.id/mengenal-jenis-label-baju/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat