Skip to content

Pesan Kaos Sablon Jogja

pesankaosjogja.com

Bikin Kaos Keren

Macam-macam Kain Microfiber dan Penggunaannya

Seperti beberapa kain lain, kain microfiber memiliki banyak jenis. Berikut beberapa bentuk yang paling populer dari kain microfiber:

1. Flat-weave microfiber

Jenis kain ini berbentuk tenunan datar. Flat-weave microfiber tergolong dalam tekstil yang tahan lama, tapi sayangnya daya serapnya kurang.

2. Split-weave microfiber

Disebabkan proses produksinya, permukaan kain split-weave menampilkan serat yang terbelah, menghasilkan pembentukan loop kecil yang tidak terhitung jumlahnya. Karakteristik lain yakni jenis ini saat digunakan akan menempel pada kulit jika menyentuhnya.

3. Micromondal

Terbuat dari 100% poliamida membuat kain ini lebih lembut, halus, dan elastis. Secara karakteristik permukaan termasuk dalam serat micro dengan diameter kecil.

4. Ultrasuede

Umumnya kain ultrasuede memiliki serat yang lebih lebar. Kain ultrasuede menjadi yang pertama dikembangkan menjadi produk kain microfiber.

5. Microsuede

Dirancang agar lembut seperti kain suede, menjadikan kain ini memiliki tumpukan yang sangat rendah. Kain ini digunakan untuk membersihkan lensa kaca mata.

6. Prolen

Diproduksi dari bahan polypropylene menghasilkan tekstil yang memiliki elastisitas tinggi atau rendah.

7. Terry microfiber

Tenunan microfiber berbentuk terry umumnya diproduksi menjadi handuk.

8. Waffle weave microfiber

Dari namanya waffle weave microfiber memiliki pola yang seperti kisi-kisi. Karena pola ini dapat mengurangi kontak permukaan, memberikan peningkatan luncuran, dan penguranga gesekan. Hal ini menjadi waffle microfiber cocok untuk membersihkan kaca.

9. Chenille microfiber

Chenille microfiber memiliki tonjolan serat seperti jari yang disatukan oleh kain dasar tipis. Biasanya digunakan untuk membuat spons dan sarung tangan mobil.

 

Dari beberapa jenis kain microfiber, berikut pengaplikasian dalam kebutuhan sehari-hari:

1. Atlet

Pakaian kompresi terbuat dari serat mikro yang menyerap kelembaban, bersama dengan sepatu lari dan peralatan olahraga. Kain microfiber berperan menyerap keringat dan membuat atlet tetap sejuk dan proses pengeringan lebih cepat.

2. Golfers

Perlengkapan golf harganya cukup mahal, untuk itu beberapa perusahaan produksi alat golf menyertakan kain microfiber untuk membersihkan peralatan.

3. Perusahaan detailing mobil

Kain microfiber digunakan untuk membersihkan kaca tanpa meninggalkan goresan.

4. Perusahaan teknologi

Seperti pembersihan pada kaca mobil, perusahaan teknologi membutuhkan kain microfiber untuk membersihkan layar hp atau laptop.

 

Sumber: sfidnfits. com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat