Skip to content

Mengenal Kualitas Benang Jahit

Salah satu komponen penting dari poses pembuatan produk pakaian jadi adalah penggunaan benang jahit dalam proses menjahit. Pengertian benang jahit adalah suatu material yang tersusun dari kumpulan serat-serat teratur memanjang dengan garis tengah dan dalam jumlah antihan tertentu dimana diperoleh dari proses pemintalan.

Seperti kain, serat untuk membuat benang jahit dapat berasal dari serat alami maupun serat buatan. Kualitas dari bahan baku benang jahit akan mempengaruhi karakteristik benang yang dihasilkan.

Jadi untuk membuat karakteristik benang jahit yang fleksibel, setiap benang yang berasal dari serat alami maupun serat sintetis umumnya akan dibuat dari banyak serat staple ataupun serat filamen. Benang-benang jahit yang diproduksi dari serat-serat stapel akan dipintal secara mekanik sementara yang berasal dari serat-serat filamen dipintal secara kimia.

Untuk mengetahui kualitas benang jahit yang bagus dapat dinilai dari beberapa hal, antara lain:

 

1. Memiliki warna yang cerah atau tidak kusam

2. Tidak mudah putus

3. Tidak banyak serat-serat halus yang keluar dari benang

4. Memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi dan panas jarum selama proses menjahit

5. Secara langsung Anda dapat mengecek dengan cara menggunting  ujung benang untuk melihat serabutnya. Jika benang tersebut memiliki banyak serabut maka termasuk dalam kualitas rendah karena sedikit komposisi katunnya.

Sumber: fitinline.com/article/read/memilih-benang-jahit-yang-berkualitas/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat