Skip to content

Pesan Kaos Sablon Jogja

pesankaosjogja.com

Bikin Kaos Keren

Mengulik Pentingnya Peran Fashion Stylist

Fashion Stylist atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Penata Busana, secara pengertian berarti profesi yang bertugas dalam menata penampilan seseorang. Tugas seorang penata busana akan memadupadankan berbagai jenis pakaian, warna, hingga aksesoris dalam membuat penampilan orang lain menjadi lebih menarik. Profesi penata busana dibutuhkan untuk berbagai industry seperti media, majalah, televisI hingga periklanan. Selain bekerja dalam lingkup luas, penata busana dapat bekerja kepada seorang selebriti atau public figure lainnya.

Lantas apakah tugas seorang penata busana hanya memilihkan pakaian? Tentu saja tidak, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan:

1. Menentukan konsep busana

Sebelum memilih pakaian, penting untuk menentukan konsep dari fasyen yang akan ditampilkan sesuai dengan tema acara atau kapan acara tersebut dilaksanakan. Dari konsep ini seorang penata busana wajib mengenal bentuk fisik klien agar busana yang dipakai pas dan telihat menarik.

Namun untuk mewujudkan suatu konsep yang berbeda penata busana tidak bekerja sendiri, mereka biasanya berkomunikasi dengan para professional juga klien untuk menentukan visi kreatif.

2. Mengatur gaya busana

Setelah konsep dikantongi, penata busana akan terlibat dalam mengatur gaya busana. Sehingga mereka suatu waktu akan memberikan arahan kepada desainer busana.

3. Menyeleksi pakaian dan aksesoris

Ada banyak brand pakaian dan aksesoris, seorang penata busana tentu harus memilki pengetahuan itu demi bisa menunjang dalam memadupadankan busana dan aksesoris sesuai dengan tema.

4. Mengikuti tren terkini

Industry fasyen dunia berkembang dengan sangat cepat. Seorang penata busana harus selalu update dan mengikutinya agar kamu bisa menonjolkan hal unik dan tidak biasa dari penampilan yang kamu buat.

5. Menjalin relasi

Sebagai penata busana yang berkecimpung dalam satu industry besar, penting untuk terus meningkatkan relasi kamu dengan banyak orang di industry yang sama. Nama baik yang dikenal banyak orang akan memberikan banyak keuntungan untuk karir kamu kedepannya.

 

Nah, untuk menunjang semua hal-hal yang harus seorang penata busana ketahui. Ada juga skil dan keterampilan yang tak kalah penting:

a. Kreativitas

b. Detail oriented

c. Komunikasi

d. Interpersonal

e. Solution oriented

f. Manajemen waktu

 

Bagaimana? Apalagi nih yang harus seorang penata busana kuasai?

 

Sumber: glints. com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat