Skip to content

Pesan Kaos Sablon Jogja

pesankaosjogja.com

Bikin Kaos Keren

Menjaga Pakaian dari Bau Apek saat Musim Hujan

Musim hujan di Indonesia terkadang memiliki frekuensi yang tinggi, bisa dalam beberapa hari itu hujan terus-menerus tanpa ada panas sama sekali. Hal ini tentu membuat repot saat mencuci pakaian karena tidak dapat kering dengan maksimal sehingga bakteri akan tumbuh menyebabkan bau tidak sedap. Dan sayangnya parfum saja tidak cukup untuk mengatasi masalah ini.

Untuk menghindari bau sedap pada pakaian, berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti:

1. Andalkan pengering mesin cuci

Jika kamu mempunyai mesin cuci dengan pengering, alat pengering bisa sangat diandalkan. Ada yang disertai panas sehingga pakaian bisa benar-benar kering, namun ada juga yang hanya setengah kering dan perlu dijemur.

2. Pastikan mesin cuci bersih

Mesin cuci juga bisa kotor loh, seperti kebanyakan alat rumah tangga yang bila dipakai sehari-hari tentu akan membuat kotoran di beberapa titik menumpuk. Untuk itu penting membersihkan mesin cuci secara teratur, bisa menggunakan soda kue atau cuka.

3. Jangan merendam pakaian lebih dari 30 menit

Sebenarnya merendam pakaian itu penting karena larutan deterjen ampuh merontokkan kotoran juga mencegah bau apek. Namun hanya sebatas 30 menit saja, lebih dari itu yang ada pakaian kamu bukannya bersih malah jadi beraroma tidak sedap. Selain itu perlakuan ini bisa membuat pakaian kamu cepat sobek dan rusak.

4. Bilas dengan air mengalir

Tips ini mungkin bisa dinilai terlalu boros air. Tapi mungkin untuk beberapa pakaian yang berharga bisa kamu terapkan. Yakni membilas pakaian dengan air mengalir sehingga kotoran bisa langsung terbuang dan bukannya mengendap.

5. Tambahkan pewangi pakaian, air lemon atau cuka

Menggunakan pewangi saat bilasan terakhir ternyata cukup ampuh loh, terutama jika kamu menggunakan pewangi dan pelembut yang mengandung antibacterial agent.

Kalau untuk cara yang lebih alami kamu bisa tambahkan beberapa tetes cuka atau air lemon ke air bilasan. Caranya cukup mudah yakni dengan mencampurkan satu sendok detergen dan segelas air perasan lemon ke wadah besar untuk dilarutkan dengan air. Rendam salama 15-30 menit untuk kemudian cuci dan bilas seperti biasa.

6. Gantung dengan hanger, beri jarak lalu jemur di dekat lampu

Sebenarnya aroma apek tidak akan muncul jika baju cepat kering setelah dicuci. Namun saat musim hujan angin yang bertiup disertai hawa dingin dan partikel air. Jadi sekalipun kamu sudah menjemur di teras rumah baju tetap sudah kering.

Sebagai alternatif cobalah menjemur pakaian di ruangan yang dilengkapi lampu atau penerangan memadai. Selain itu untuk mempercepat proses pengeringan, jemur dengan hanger dan beri jarak cukup antara setiap pakaian. Hal ini akan membuat pakaian mendapat cukup sirkulasi udara panas.

7. Manfaatkan kipas angin

Melanjutkan dari tips nomor 6, kamu bisa banget mengandalkan kipas angin untuk menambah sirkulasi udara.

 

Itu dia 7 tips yang mungkin bisa membantu kamu menghindarkan pakaian dari bau apek saat musim hujan. Namun bagaimana jika baju sudah terlanjur bau?

 

Nah, untuk itu mimin ada tips tambahan:

1. Jemur lagi di area terbuka

Pakaian yang kering tapi tetap berbau apek bisa disebakan oleh tempat lembab, sirkulasi udara buruk atau jarak menjemur terlalu rapat.

Jadi pastikan lagi saat panas terlihat, segera bawa pakaian kamu ke luar ruangan ya.

2. Letakkan bubuk kopi di lemari

Bubuk kopi memang aroma paling enak ya, jadi selain bisa dimanfaatkan untuk pengharum ruangan, kamu bisa juga meletakkannya di dalam lemari

 

Sumber: www.bahankain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat