Skip to content

Mesin-mesin Penyelesaian Industri Garment

Selain mesin utama untuk membuat bahan pakaian menjadi pakaian jadi, dalam industri garment juga diperlukan mesin-mesin penyelesaian. Antara lain:

1. Mesin Obras (Overlock Machine)

Mesin ini digunakan untuk jahitan pengaman bahan dan mesin ini menggunakan jumlah jarum sebanyak 1, 2, 3, dan disesuaikan dengan keperluan. Mesin ini memiliki kecepatan kurang lebih 7000 rpm. Tipe jarum yang digunakan adalah DC x 27.

2. Mesin Jahit Lubang Kancing (Buttonholing Machine)

Mesin berkecapatan tinggi ini digunakan untuk jahitan lubang kancing dengan berbagai ukuran yaitu 6,4 – 38,1 mm yang dilengkapi dengan pisau. Mesin ini memiliki kecepatan kurang lebih 3600 rpm. Tipe jarum yang digunakan adalah DP x 5. Pada mesin lubang kancing ini satu benang digunakan untuk membentuk sebuah jahitan pasa sisi bagian dalam kain. Mesin ini hanya dapat membentuk satu buah jenis lubang kancing.

3. Mesin Jahit Pasang Kancing (Shape Stitch Button Sewing Machine)

Mesin ini digunakan untuk menjahit pasang kancing dengan berbagai variasi ukuran dan lubang mulai dari 10 – 28 mm. Jenis kancing yang dapat digunakan pada mesin ini adalah jenis shank button, wrapped around button, snap, label, metal button, stay button. Tipe jarum yang digunakan adalah TQ x 1 (atau dibeberapa referensi yang lain, jarum yang digunakan adalah DP x 17).

4. Mesin Safetystitch

Safetystitch dirancang untuk memberikan keliman yang kuat pada bahan yang tidak regang, atau bahan-bahan yang tidak mulur, seperti bahan tenun. Pada saat bersamaan mesin ini menghaluskan pinggiran bahan sehingga tidak bertiras/berjumbai. Dua fungsi pekerjaan mesin safetystitch adalah menjahit kelim dan obras.

Sumber:  mikirbae.com/2016/08/macam-macam-mesin-jahit-industri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat