Skip to content

Tips Merawat Mesin Jahit

Meskipun mesin jahit saat digunakan baik-baik saja atau tidak terjadi masalah yang berarti, akan sangat baik apabila mesin jahit dilakukan perawan rutin secara berkala. Berikut beberapa langkah merawat mesin jahit yang tidak membutuhkan banyak waktu, hanya butuh konsisten dan rutin.

1. Matikan mesin jahit setelah digunakan

Batasi penggunaan mesin jahit. Jangan digunakan secara kontinyu 24 jam karena itu akan mengakibatkan mesin panas dan terjadi kerusakan pada dinamo. Pun setelah selesai menggunakan mesin pastikan untuk mematikan mesin jahit.

2. Bersihkan secara berkala

Setelah menggunakan mesin jahit pastikan untuk melepas semua benang untuk kemudian membersihkan mesin jahit dari sisa benang, sisa kain juga debu-debu tipis yang menempel di mesin. Untuk melakukan pembersihan ini bisa menggunakan lap, kuas kecil untuk menjangkau lubang-lubang di mesin juga bisa menggunakan mesin penyedot debu yang mini.

3. Beri pelumas pada mesin jahit

Selalu cek bagian-bagian mesin jahit yang sering bergesekan untuk menghindarkan dari terjadinya keausan mesin. Poin penting juga selalu gunakan oli khusus untuk mesin jahit.

4. Ganti jarum jahit

Jarum jahit dapat digunakan maksimal diwaktu 16 jam. Selepas itu meskipun jarum masih bisa dipakai akan lebih baik jika rutin menggantinya. Ingat untuk jangan pernah menggunakan jarum jahit yang sudah tumpul demi menghindarkan dari kerusakan mesin juga kain.

5. Rutin melakukan servis

Meskipun mesin jahit dapat terus digunakan pastikan untuk selalu melakukan servis rutin minimal seminggu sekali. Hal ini penting untuk selalu menjaga performa mesin jahit.

 

Sumber: m.fimela.com/fashion/read/5026117/5-cara-merawat-mesin-jahit-yang-benar-dan-mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat