Skip to content

Pesan Kaos Sablon Jogja

pesankaosjogja.com

Bikin Kaos Keren

Tips Perawatan Khusus untuk Dress Satin

Dress dengan bahan satin yang mampu memberikan tampilan mewah dan feminim telah menjadi populer di kalangan pengkoleksi fasyen. Namun karena ciri khas keindahan ini dress satin yang tidak dirawat dengan benar akan cepat rusak dan warna memudar.

Berikut ini tips merawat dress satin kamu:

1. Kenali jenis satin dress

Pertama dan terpenting yakni mengenali bahan dress satin kamu. Dress dari bahan satin sutra cenderung memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dress dari bahan satin polyester atau campuran.

2. Mematuhi instruksi cuci yang tepat

Selalu periksa dan pahami instruksi cara perawatan. Beberapa mungkin memerlukan pencucian kering sedangkan yang lain bisa dicuci dengan tangan.

Jika dress kamu aman dicuci, lakukan dengan tangan dan menggunakan air dingin serta sabun lembut. Tips lain saat mencuci hindari meremas atau menggosok kain terlalu keras karena dapat merusak tekstur kain.

3. Mengeringkan dengan benar

Setelah mencuci hindari meremas dress dengan keras. Alih-alih tekan lembut untuk mengeluarkan air, kemudian letakkan dress diatas handuk bersih untuk mengeringkan secara alami.

Jangan pernah mengantung dress saat masih basah karena hal ini dapat merenggangkan dan merusak kain. Selain itu jangan dijemur langsung dibawah sinar matahari untuk menghindarkan dress kamu dari warna yang memudar.

4. Menyetrika dengan hati-hati

Dress satin yang kusut memang membutuhkan untuk disetrika, namun tipsnya lakukan dengan suhu rendah dan selalu gunakan lapisan kain katun. Jadi besi setrika yang panas tidak menyentuh langsung kain dress kamu. Jika kamu punya setrika streamer itu akan lebih aman untuk dress satin.

5. Penyimpanan yang tepat

Selain panduan mencuci, mengeringkan, juga menyetrika, kamu harus memperhatikan bagaimana penyimpanan yang benar. Usahakan untuk tidak pernah mengantung dress kamu, ini bertujuan untuk menjaga bentuk juga kilau dress. Penyimpanan yang benar yakni dengan melipat dress dan memasukkannya ke dalam kantong kain.

6. Mengatasi noda dengan cermat

Saat dress satin kamu terkena noda, segera tangani dengan cepat. Gunakan kain bersih yang sedikit lembab untuk menepuk-nepuk noda, jangan digosok. Hal ini hanya akan memperparah noda menyebar. Jika penanganan ini tidak menghilangkan noda, sebaiknya bawa dress kamu ke layanan laundry profesional.

7. Menghindari produk kimia berbahaya

Penggunaan pemutih atau bahan kimia keras lainnya sangat tidak diperlukan. Untuk mencuci kamu cukup menggunakan deterjen.

8. Perhatikan ekstra detail

Beberapa dress satin dihiasai dengan dekoratif seperti manik-manik atau bordir. Dalam hal ini sebelum mencuci perhatikan detail apakah ada yang longgar atau perlu diperbaiki.

 

Sumber: blog knitto . co. id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat